Sekilas Tentang Sistem Operasi Pada Perangkat Desktop dan Mobile

10/03/2017
Sekilas Tentang Sistem Operasi - Image by MeNDHo.com

Di era modern sekarang ini, perangkat komputer maupun perangkat mobile (gadget) tidak lepas dari yang namanya Sistem Operasi. Sistem Operasi itu sendiri merupakan perangkat lunak yang paling penting dalam mengatur seluruh sumber daya dalam sebuah perangkat (komputer/mobile). Sumber daya ini dapat berupa perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) maupun program-program aplikasi lainnya.

Secara umum Sistem Operasi (Operating System) atau biasa disingkat dengan OS adalah sebuah perangkat lunak (software) pada sistem perangkat komputer ataupun perangkat mobile yang bertugas dalam mengatur, mengontrol dan memanajemen pengelolaan sumber daya (hardware maupun software) serta sebagai operasi-operasi dasar sistem, termasuk dalam menjalankan berbagai macam program aplikasi. Misalnya menjalankan program pengolah data, aplikasi pemutar musik dan video, peramban web (web browser) dan lain sebagainya.

Fungsi dan Alur Proses Cara Kerja Sistem Operasi - Image by MeNDHo.com

Selain itu, OS juga berperan sebagai penghubung antara perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software), serta menjamin beberapa aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa adanya hambatan dan mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan CPU dan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.

Sistem Operasi merupakan perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori pada saat dinyalakan (booting). Sedangkan software atau program aplikasi lainnya dijalankan setelah sistem operasi itu berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti untuk software atau program aplikasi tersebut, seperti akses ke disk, manajemen memori, penjadwalan tugas (schedule task), dan antar-muka user (GUI/CLI). Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu sistem operasi. Selain itu, Sistem Operasi menyediakan suatu pustaka (library) dari fungsi-fungsi standar, dimana software atau program aplikasi lainnya dapat memanggil fungsi-fungsi itu, sehingga dalam setiap pembuatan program baru tidak perlu membuat fungsi-fungsi tersebut dari awal.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian, diantaranya:
  • Mekanisme Boot
  • Yaitu proses meletakkan kernel ke dalam memori ketika sistem pertama kali dinyalakan. Misalnya di Windows ada istilah yang namanya Gagal Booting atau di Android dengan istilah BootLoop.
  • Kernel
  • Yaitu inti dari sebuah sistem operasi. Inti inilah yang memiliki tugas pokok untuk mengatur jalannya dari sebuah sistem operasi.
  • Command Interpreter atau Shell
  • Yang bertugas membaca input dari pengguna.
  • Pustaka-pustaka (Library)
  • Yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain. Contohnya file DLL (Dynamic Link Library) yang terdapat pada OS Windows dengan ekstensi berakhiran ".dll".
  • Driver
  • Yang bertugas untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrolnya. Misalnya pada sebuah komputer yang baru diinstal terkadang ada beberapa fungsi dari hardware (contoh: VGA, Sound Card, Wifi, Modem) yang tidak bekerja, maka kita harus menginstal driver dari hardware tersebut agar dapat bekerja dan berfungsi dengan baik.

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, Sistem Operasi memiliki banyak perubahan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Dibandingkan dengan dahulu yang hanya menggunakan tampilan dan perintah teks saja, saat ini sistem operasi telah menggunakan tampilan antarmuka pengguna grafis atau biasa disebut dengan GUI (Graphical User Interface) yang menampilkan semua informasi menggunakan kombinasi grafis dan teks, sehingga dapat memudahkan para pengguna dalam mengakses suatu perangkat dengan mudah.

Sistem Operasi Berbasis GUI Pada Perangkat Desktop dan Mobile - Image by MeNDHo.com

Beberapa contoh sistem operasi modern berbasis GUI yang populer diantaranya Microsoft Windows, Linux dan juga Mac OS X (yang digunakan pada perangkat komputer/desktop), kemudian Symbian, Blackberry OS, Windows Phone, iOS dan juga OS Android (yang digunakan pada perangkat mobile/gadget).

Itulah penjelasan singkat mengenai Sistem Operasi (Operating System). Semoga bermanfaat. 😊

Tags:
Artikel Sebelumnya
« Prev Post
Artikel Selanjutnya
Next Post »

Artikel Terkait

Tambahkan Komentar EmoticonEmoticon