Memecah file menggunakan WinRAR

12/25/2011
Memecah file menggunakan WinRAR - Image by MeNDHo.comPada postingan kali ini MeNDHo.com akan memberikan sedikit tips cara memecah atau membagi file menggunakan WinRAR. Selain dapat mengompres file, WinRAR juga dapat digunakan untuk memecah file (split file) yang berukuran besar menjadi beberapa bagian file berukuran kecil. Misalnya, 1 file berukuran 500 MB akan dipecah dan dibagi menjadi beberapa file berukuran 100 MB. Contohnya seperti ini.

Contoh file yang sudah dipecah menggunakan WinRAR - Image by MeNDHo.com
Oke langsung praktek saja.

  • Pertama, install aplikasi WinRAR terlebih dahulu di komputer. Jika belum terinstall atau belum punya, silahkan download saja disini --> Download WinRAR

  • Setelah aplikasi WinRAR terinstall, pilih file yang ingin dipecah (bahasa inggrisnya split). Kemudian klik kanan dan pilih "Add to archive...".

Klik kanan add to archive - Image by MeNDHo.com
  • Maka akan muncul tampilan menu "Archive name and parameters". Kemudian, jika ingin memecah dan membagi file dalam beberapa ukuran, silahkan isi size / ukuran pada kolom "Split to volumes, bytes". File akan terbagi secara otomatis kedalam beberapa file sesuai dengan ukuran yang telah diisikan.

Menu Archive name and parameters - Image by MeNDHo.com
Perlu diperhatikan, ukuran (size) yang digunakan menggunakan "bytes". Jadi, ukuran (size) yang diisikan jangan terlalu kecil, karena file akan terbagi menjadi banyak sekali. (pengalaman pribadi)

  • Pada contoh kali ini, akan memecah file ukuran sekitar 500 MB. Kemudian akan membaginya menjadi beberapa file dalam ukuran 100 MB. Agar lebih mudah isikan saja dengan ukuran 100000000 (kurang lebih sekitar 100,000,000 bytes). Kemudian klik tombol "OK".

Mengisi ukuran pada kolom Split to volumes, bytes - Image by MeNDHo.com
  • Kemudian aplikasi WinRAR akan melakukan proses pembagian / pemecahan file, sekaligus mengompresnya menjadi file archive.

Proses split / memecah file - Image by MeNDHo.com
  • Jika sudah selesai, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Hasil dari split file menggunakan WinRAR - Image by MeNDHo.com

CARA MENYATUKAN KEMBALI FILE YANG SUDAH DIPECAH / DIBAGI MENGGUNAKAN WINRAR

  • Untuk menyatukannya kembali, cukup di extract saja file tersebut. Dimulai dari part1.rar terlebih dahulu. Klik kanan file xxx.part1.rar, kemudian pilih "Extract to namafile\".

Klik kanan extract to namafile - Image by MeNDHo.com
  • Maka aplikasi WinRAR akan melakukan proses extract file dan menyatukan kembali file yang sudah dipecah tadi menjadi file ke dalam sebuah folder.

Proses extracting file - Image by MeNDHo.com

*NOTE:
Sebelum file di extract, pastikan semua file yang sudah dipecah tadi masih lengkap. Dari namafile.part1.rar, namafile.part2.rar, namafile.part3.rar dan seterusnya. Jika salah satu file saja di rename, hilang atau rusak, maka file tersebut tidak akan bisa di extract dan akan muncul pesan seperti contoh gambar dibawah ini.

Pesan Next volume is required - Image by MeNDHo.com

Jika mengklik tombol "Cancel", maka akan muncul pesan seperti contoh gambar dibawah ini.

Pesan WinRAR Diagnostic Messages - Image by MeNDHo.com

Oke, sekian dulu tips ringan cara memecah / membagi file menggunakan aplikasi WinRAR. Selamat mencoba dan Salam Olahraga,,

Tags:
Artikel Sebelumnya
« Prev Post
Artikel Selanjutnya
Next Post »

Artikel Terkait

4 Komentar

Tulis Komentar
13/7/12 9:25 PM

kreen bro .. mampir sini juga ya http://mediafiregamespot.blogspot.com/

Reply
avatar
Anonim
3/12/12 6:00 AM

manteep nih, udah ane coba

Reply
avatar
20/12/12 1:00 AM

maaf gan,, saya coba di file game online yg kapasitasnya 5,85GB kok gagal??
file saya ambil dari warnet, setelah itu saya pecah makek cara di atas dan saya taroh di flas disk terpisah. yg masing2 kapasitas flas disk 4 GB jadi saya makek 2 flas disk karna itu file 5,85GB. setelah itu file pecahan yg rar saya copy ke kompi di rumah dan saya satukan folder rarnya setelah itu saya extrac. pas saya coba maen ada keterangan
"(The application failed to initialize properly (0xc0150002). Click on OK to terminate the application)" knapa ya...??
mohon bantuannya ya gan.... terimakasih

Reply
avatar
2/1/14 1:42 PM

Gan, klo filenya gk sengaja ke rename pas di gabungn corropt gak gan ?

Reply
avatar

Tambahkan Komentar EmoticonEmoticon