Beberapa Trik yang digunakan Hacker dalam mencuri password Facebook

1/28/2011
Beberapa Trik yang digunakan Hacker dalam mencuri akun Facebook - Image by MeNDHo.comFacebook merupakan salah satu situs jejaring sosial yang masih populer hingga saat ini. Salah satu kemudahan yang ditawarkan Facebook adalah bisa diakses dimana pun dan kapan pun kita berada. Selain itu kita juga bisa Login melalui website yang sudah terintegrasi dengan Facebook, dan juga melalui beberapa aplikasi online pihak ketiga. Untuk mencegah terjadinya sesuatu hal yang tidak diinginkan pada akun Facebook kita, ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara seorang Hacker & Cracker dalam mencuri dan mendapatkan password Facebook seseorang. Berikut ini beberapa trik yang dipakai oleh Hacker maupun Cracker dalam mendapatkan password akun Facebook seseorang.

  • Aplikasi Facebook dan Iklan
Berhati-hatilah saat sudah login ke Facebook. Jangan sembarangan meng-klik iklan atau aplikasi yang kita sendiri tidak tahu atau familiar dengan iklan atau aplikasi tersebut. Banyak pengguna Facebook terkena virus dari iklan di Facebook atau terjebak memberikan data pribadi mereka tanpa sengaja ketika menggunakan aplikasi tertentu.

  • Halaman Phishing Login Facebook / Fake Login
Hacker umumnya selalu mengeksploitasi topik-topik populer. Spammer menggunakan berbagai macam cara dan metode agar kita terjebak dan memberikan akun Facebook kita. Facebook sendiri belakangan ini banyak dijadikan target serangan spam lewat teknik phishing. Ketika kita mengklik link yang terdapat pada Facebook, kita akan digiring ke sebuah halaman yang seolah-olah halaman login Facebook, padahal halaman tersebut adalah halaman yang dirancang spammer untuk mencuri password Facebook.

Salah satu cara untuk menghindari seperti jebakan ini adalah dengan tidak sembarangan meng-klik URL pada email. Lebih baik mengetikkan URL situs yang ingin dikunjungi langsung pada browser. Sebenarnya sangat mudah untuk mengenali URL palsu. Jika URL yang tertulis bukan Facebook.com, maka URL tersebut adalah palsu.

Atau bisa juga mengecek URL atau nama domain tersebut pada situs -> whois.domaintools.com dengan memasukkan nama domain dari situs yang ingin dicek. Sehingga kita dapat mengetahui informasi-informasi apakah URL atau domain tersebut asli milik Facebook atau URL palsu yang menyamar sebagai URL Facebook.

  • Website yang terintegrasi dengan Facebook
Seiring makin populernya Facebook, banyak blog, website, bahkan perusahaan besar yang mengintegrasikan website mereka dengan tombol Facebook dan Twitter. Hal ini tidak menjadi masalah selama link Facebook yang digunakan adalah asli. Masalah muncul ketika hacker campur tangan dengan memalsukan tombol share Facebook. Ketika kita mengklik tombol palsu tersebut, maka hacker akan dengan mudah mencuri password kita.

  • Aplikasi online pihak ketiga
Waspadai aplikasi pihak ketiga yang berpotensi mencuri data. Biasanya pengguna Facebook sangat gampang memperbolehkan aplikasi tertentu mengakses akun Facebook mereka karena menganggap aplikasi tersebut dapat dipercaya.

Namun masalahnya, dari setiap aplikasi yang kita percaya mungkin saja ada sepuluh atau dua puluh aplikasi palsu yang dirancang untuk mencuri data login Facebook kita. Karena itu, sebelum menginstall sebuah aplikasi dan menginputkan data login Facebook kita, cari tahu kredibilitas aplikasi tersebut melalui review-review yang dipaparkan pengguna lain atau cek apakah aplikasi tersebut telah terdaftar secara resmi.

  • Login melalui komputer publik / umum / warnet
Sebisa mungkin hindari login dengan menggunakan komputer publik atau umum, karena akun Facebook rentan dibajak. Komputer publik sering dijadikan "alat" untuk memata-matai user. Apalagi banyak orang yang tidak sadar dengan keberadaan tombol "Keep me logged in" yang terdapat pada halaman login Facebook. Seringkali halaman Facebook seseorang masih dalam posisi login ketika kita mau mengakses Facebook melalui komputer publik.

Selain itu, komputer publik seperti di warnet juga sering dijadikan sasaran oleh orang-orang nakal dengan menyisipkan program jahat seperti Keylogger untuk mendapatkan username dan password, sehingga dengan mudah akun seseorang dapat diambil alih.

  • Chat Pop-up palsu
Jebakan lain yang digunakan hacker agar user login ke akun Facebook mereka adalah dengan menggunakan chat pop-up palsu. Dengan meniru chat pop-up Facebook, chat pop-up palsu ini akan berlagak mengajak kita chat melalui fasilitas chat Facebook.

Jika kita mengklik window chat tersebut, maka kita akan digiring ke sebuah halaman phishing Facebook. Atau bisa saja ini adalah sebuah iklan situs porno atau produk lain yang tidak kita inginkan.

Beberapa taktik diatas banyak digunakan hacker dan pencuri identitas untuk mendapatkan data pribadi kita. Karena itu, lakukan login hanya pada situs resmi Facebook, gunakan aplikasi pihak ketiga yang terpercaya, dan berhati-hatilah ketika login pada komputer publik atau warnet agar akun Facebook milik anda tetap aman.

Referensi: Internet Sehat

Tags:
Artikel Sebelumnya
« Prev Post
Artikel Selanjutnya
Next Post »

Artikel Terkait

1 Komentar:

Tulis Komentar
16/3/11 5:52 AM

Bsgus bagus bagus...

--www.animagy.blogspot.com--

Reply
avatar

Tambahkan Komentar EmoticonEmoticon